Assalamu Alaikum Wr. Wb
Sesuai dengan undang-undang No.32 Tahun 2004 tenteng pemerintah daerah, pemerintah terdiri dari eksekutif dan legislatif. Namun Demikian, dalam pelaksanaannya eksekutif lebih dominan dan hanya dianggap satu-satunya lembaga pemerintahan. Sementara lembaga legislatif (Dewan Perwakalian Rakyat Daerah / DPRD) hanya dianggap sebagai pelengkap saja, Padahal DPRD juga mempunyai peran yang sama dengan eksekutif, baik dalam perencanaan, penganggaran maupun pengawasan.

Karenanya, sebagai upaya untuk mengenalkan kepada masyarakat perlu upaya sosialisasi maupun publikasi yang terus menerus. Hal ini dilakukan agar keberadaan DPRD sebagai lembaga legislatif ini bisa diketahui masyarakat sesuai dengan peran fungsinya, sehingga dalam pelaksanaanya pun tidak ada salah persepsi maupun pandangan keliru atas peran dan fungsi DPRD sebagai bagian dari Pemerintahan daerah, Dimana kedudukan legislatif dan eksekutif tersebut sama, begitu pula peran dan fungsinya, Yakni bagaimana pemerintahan itu bisa berjalan dengan efektif dan mampu menghasilkan kebijakan yang dibutuhkan rakyat. Tanpa Peran dan keberadaan DPRD, maka jalanya pemerintahan akan pincang.

Selain melalui media masa yang sudah ada, peran dan fungsi DPRD mungkin sudah dipublikasikan, Namun demikian, publikasi itu tidk menyeluruh, tidak mengikutsertakan seluruh anggota DPRD, mulai dari pimpinan hingga anggota, padahal keanggotaan DPRD itu terdiri dari sejumlah fraksi dari partai politik yang berhasil mengantarkan kursinya ke lembaga legislatif tersebut. Itu pun hanya beberapa orang saja yang aktif, yang muncul di media massa. Sehingga masih sangat minim iformasi kepada masyarakat terkait dengan keanggotaan DPRD, Apalagi DPRD Kabupaten Brebes, yang jumlahnya 50 kursi, tentu agak susah bagi masyarakat awam untuk mengenal semuanya dengan baik.

Agar peran dan fungsi anggota DPRD Kabupaten Brebes ini lebih optimal dan dikenal luas masyarakat, maka perlu publikasi secara khusus. Antara lain dengan dibuatnya situs web DPRD yang berisi profil dan biodata masing-masing anggota DPRD dan berita-berita seputar kegiatan-kegiatan Anggota DPRDi, diharapkan masyarakat akan mengetaui apa saja kegiatan-kegiatan DPRD dan mengetahui siapa saja anggota DPRD tersebut, selain biodata, juga akan diketahui daerah pemilihan mana dia berasal, dari partai apa serta diketahui visi dan misinya masing-masing anggota DPRD tersebut untuk memajukan Kabupaten Brebes.

Dengan Demikian, masyarakat akan semakin mengenal lebih dekat dengan para wakilnya yang ada di DPRD Kabupaten Brebes.
Wassalamu alaikum Wr. Wb.

Dr. H. Illia Amin, MM.Pd

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, pembuatan situs web DPRD sudah selesai dilakukan. Dimana perrbitan buku ini merupakan upaya untuk mensosialisasikan keberadaan anggota DPRD dan kegiatan-kegiatan DPRD.

Seluruh anggota DPRD Kabupaten Brebes ini di tampilkan berdasarkan susunan Komisi yang ada, Masing-masing anggota DPRD dilengkapi dengan biodata pribadi. Sehingga harapannya, anggota DPRD Kabupaten Brebes ini dikenal baik oleh masyarakat, khususnya para konstituennya masing-masing.

Dalam profil Anggota DPRD di situs web DPRD ini dimuat juga visi dan misi anggota DPRD masing-masing, dengan tujuan untuk mengetahui secara langsung, apa yang akan diperjuangkan dalam menduduki jabatan anggota DPRD, Selain itu, juga dimuta harapannya untuk Kabupaten Brebes ke depan, dimana sebagai wakil rakyat harus memiliki harapan yang baik untuk masyarakat.

Terima kasih untuk tim Sekretariat DPRD Kabupaten Brebes, yang telah dengan seksama membangun dan mengelola situs web DPRD ini, mudah mudahan pembuatan situs web ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Khususnya bagi anggota DPRD dan Masyarakat Kabupaten Brebes pada umumnya.

Kami mohon maaf, jika dalam pembuatan situs web ini masih banyak kekurangan, Namun emikian, hal itu tidak membuat semangat kami untuk terus membantu dan memfasilitasi kegiatan dan kebutuhan anggota DPRD Kabupaten Brebes.
Wassalamu alaikum Wr. Wb

Drs. Sri Teguh Pambudi, M.Si